Senin, 10 Juli 2017

[RESENSI] Heartstring: Cinta Beda Golongan Darah?

Posted by Melani Ika Savitri | 10:40:00 AM Categories:




Judul                                        : Heartstring: Mr B vs Miss O
Penulis                                     : Adeliany Azfar
Editor                                       : Fanti Gemala
Ilustrator & Desainer Kover: Jang Shan & Ivana PD
Penerbit                                  : PT Grasindo
Cetakan                                   : ketiga, Maret 2017
Tebal                                        : 200 hal

BLURB:

Jung Yi
    “Cih, dasar pria mesum!” Begitu yang dikatakan Jung Yi pertama kali ia melihat Lee Hyun di luar Caffest. “Aku baru tahu ada manusia sepertimu di dunia ini.” Itu adalah kalimat ketika untuk kedua kalinya Jung Yi bertemu dengan Lee Hyun di MoccaLatte.
    Baginya, bertemu lelaki itu serupa bencana. Selalu saja ada kejadian mengejutkan yang terjadi. Kalau matahari tidak terbit dari timur lagi, mungkin ia akan mengubah pikirannya mengenai lelaki yang suka seenaknya itu.

Lee Hyun
    Menarik. Satu kata yang dipikirkan Lee Hyun ketika melihat Jung Yi kali pertama. Ia suka gadis yang tegas dan keras kepala seperti yang kerap diperlihatkan Jung Yi padanya. Apalagi kalau sudah melampiaskan kemarahan, Lee Hyun semakin suka.
    Jadi, mengganti-ganti peraturan di kantor untuk membuat gadis itu marah bukanlah sesuatu yang aneh, ‘kan? Karena dengan begitu, Lee Hyun mulai menyadari kalau perasaannya bertambah dari hari ke hari pada gadis kepala batu itu.

SINOPSIS:

    “Golongan darah O adalah pribadi yang sangat kuat dan memiliki semangat hidup tinggi. Mereka adalah pribadi yang idealis sekaligus realistis. Pemilik golongan darah ini akan sangat bersemangat apabila menemukan sesuatu yang menjadi tujuannya. Ia juga senang mengatur orang lain.” (hal. 1)
    “Golongan darah B adalah pribadi yang bebas dan tidak suka bekerja atau melakukan sesuatu secara teratur. Jika menyukai sesuatu maka dia akan melakukannya secara terus-menerus tanpa memedulikan yang lain.” (hal. 24)
    Ketika sedang ‘melabrak’ adiknya Jung Yon yang sekali lagi ketahuan pacaran di sebuah kafe, tak sengaja Jung Yi melihat pasangan yang sedang pamer kemesraan di luar kafe melalui jendela. Si pria bahkan mengedipinya. Spontan Jung Yi memaki si pria sebagai pria mesum. Esoknya, si pria mesum mengunjungi kafe tempat Jung Yi bekerja dan menimbulkan masalah. Dia terang-terang menegur baik-baik si pria berkenaan anjing yang dibawa dan larangan kafe tentang hal itu, tapi si pria bersikap santai bahkan menantang. Karena tersulut emosi, Jung Yi melepaskan si anjing sebagai gertakan, tapi si pria tak peduli sambil mengatakan bahwa itu anjing milk kekasihnya. Ketika si kekasih datang dan menemukan bahwa anjing kesayangannya tidak ada, tentu saja dia marah dan terjadilah keributan. Jung Yi pun diminta berhenti dari pekerjaan oleh si bos. Mengetahui sahabatnya menganggur, Jae Sun menawari Jung Yi melamar di kantor tempatnya bekerja. Jung Yi diterima setelah lolos wawancara oleh salah satu pengelola. Sayang, terlambat Jung Yi menyadari bahwa pemilik kantor pegadaian adalah si pria mesum. Berhubung dia telanjur diterima bekerja, Jung Yi bertekad tetap maju. Lee Hyun, si pria mesum justru girang mengetahui Jung Yi menjadi karyawannya dan suka bertingkah seenaknya. Selain pemilik pegadaian HJ Corp., Lee Hyun yang ‘terobsesi’ pada mi dan segala olahannya itu juga mengelola sebuah restoran mi, Noodle’s House. Dikisahkan, kesukaannya pada mi ada kaitan dengan kenangannya tentang sang ibu.
Konflik lain terjadi ketika Jung Yi mengetahui lewat penyelidikan Jae Sun sahabatnya bahwa Lee Hyun adalah anak dari Lee Suk Ho, rentenir yang dulu merampas perhiasan berharga mendiang ibunya. Jung Yi bermaksud menebus perhiasan itu, namun sangat kecewa ketika Lee Hyun dan orang kepercayaannya mengatakan bahwa perhiasan yang dicari sudah ditebus sang ibu sebelum meninggal, bahkan ada bukti tertulis. Merasa dikelabui, Jung Yi berulah dengan menyebarkan berita melalui situs. Untunglah kesalahpahaman bisa diluruskan dengan diketahui siapa penyimpan perhiasan itu, yaitu adik Jung Yi sendiri. Jung Yon ternyata menyimpan kekecewaan dan prasangka pada kakaknya selama ini. Sedangkan Lee Hyun sendiri tak diduga Jung Yi menyimpan rasa suka dan mengajak Jung Yi berpacaran. Di sinilah keseruan dan kelucuan makin terasa. Hubungan sejoli ini selalu diwarnai perang mulut dan perdebatan. Juga munculnya kembali mantan pacar Lee Hyun, Park Kyon yang belum bisa merelakan Lee Hyun dan Jae Sun yang diam-diam mencintai Jung Yi. Apakah pasangan Lee Hyun – Jung Yi mampu menyelamatkan hubungan?

REVIEW:

    “Golongan darah B membenci gangguan yang berlebihan dalam hubungan cinta.” (hal. 150)
    “Golongan darah O yang realistis tidak akan mengorbankan hidupnya demi cinta.” (hal. 181)
Novel ini adalah K-fiction yang ditulis oleh penulis Indonesia dn merupakan salah satu judul dari Blood Type series romance. Semua tokoh adalah orang Korea Selatan, demikian juga settingnya. Ide romance berdasarkan perbedaan karakter memang sudah umum, tapi karakter yang mengacu pada golongan darah dalam kisah fiksi adalah ide yang unik dan menarik. Penulis bisa saya katakan cukup berhasil menuangkan nuansa Korea ke dalam karyanya. Kutipan-kutipan terkait eksplorasi karakter berdasarkan golongan darah juga terasa sekali mendominasi.
Pembentukan karakter Jung Yi yang bergolongan darah O dan Lee Hyun dengan golongan darah B-nya berhasil menggelitik, menyindir, dan membuat saya tersenyum-senyum sendiri bahkan tertawa. Saya suka karakter Jung Yi yang digambarkan kuat dan penyayang, meski karena galak sering disalahartikan. Peran sebagai kakak sekaligus pengganti orangtua bagi adiknya turut melatarbelakangi karakternya yang keras itu. Saya juga dibuat kesal dengan tingkah labil dan susah diatur dari Jung Yon. Tapi di lain sisi, kasih sayang antara kakak-beradik ini mengharukan. Juga ada Jae Sun sebagai sahabat yang pengertian dan selalu jadi penolong maupun penengah antara Jung Yi dan Jung Yon. Lee Hyun sendiri sebagai tokoh pria utama memang digambarkan sangat menyebalkan dan kerap tidak peka dengan perasaan kekasihnya. Namun, sisi-sisi romantis dan naik-turun hubungannya dengan Jung Yi asyik diikuti. Ada juga sisi kelam keluarga Lee Hyun di masa orang tuanya masih hidup yang memengaruhinya.
Oh, dan di halaman terdepan kita akan dimanjakan dengan ilustrasi berwarna dengan kertas eksklusif yang merupakan penggambaran para tokoh di seri romance Blood Type series Grasindo ini. Juga ada bonus stiker salah satu tokoh yang menurut saya bisa digunakan juga sebagai pembatas buku. Novel romance ini cocok dibaca sebagai bacaan ringan yang menghibur. Tertarik untuk mengoleksi judul-judul lain dari seri ini?

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube