Senin, 25 September 2017

[RESENSI] Aftertaste: Tentang Rindu Yang Menanti Bertemu

Posted by Menukil Aksara | 9:10:00 AM Categories:

Judul       : Aftertaste
Penulis    : Sefryana Khairil
Editor       : Tesara Rafiantika
Penerbit  : Gagasmedia
Cetakan   : pertama, 2017
Tebal        : viii + 364 hlm; 13 x 19 cm


BLURB:

Narend
    Buatku, memberikan kesempatan kedua hampir tak mungkin. Untuk apa membuka kemungkinan bagi kekecewaan yang lain? Hati yang benar-benar patah tak perlu berulang-ulang, bukan? Namun, kali ini rasanya berbeda. Hanya saja, aku bahkan tak lagi percaya cinta dan kisah romansa itu nyata.

Farra
    Aku tak pernah merencanakan menjatuhkan hati kepadanya. Tidak juga pada sikapnya yang sedingin es itu. Setiap saat bersamanya membuatku selalu bertanya-tanya juga berangan-angan tentang cinta. Lalu, tiba-tiba ketakutan akan harapan kosong melandaku, lagi dan lagi. Sudah kucoba untuk menepikan segala rasa. Namun, terkadang, hati dan keinginan tak selalu sejalan.
   
    Aftertaste mengisahkan dua orang chef yang saling jatuh cinta, tetapi tak tahu bagaimana cara mengungkapkannya. Masa lalu membuat mereka enggan membiarkan hati berbicara, meskipun mereka tahu tak akan sanggup untuk saling melepaskan.

SINOPSIS:

    “Kamu tahu, apa yang susah saat memasak?” Narend menatap Farra.
    “Mmm... membuat makanan itu enak?” sahut Farra.
    Narend menggelengkan kepala. “Bukan itu. Tetapi, gimana kita mencampur bumbu-bumbu. Kadang rasa itu bisa berbenturan, sulit disatukan, tapi kalo kita bisa, rasanya pasti enak banget.”
(hal. 216-217)

    “Seseorang yang mencintai dengan tulus, pasti mengikhlaskan apa pun untuk kebahagiaan orang yang dicintainya.” (hal. 337)

    Farra memasukkan lamaran sebagai cook assistant ke restoran Bellaria usai berhenti bekerja di kafe Delicio—lebih tepatnya terpaksa berhenti karena kafe bangkrut dan tutup. Bellaria merupakan restoran masakan Italia ternama sejak Chef Windu Mahardika mendirikannya enam belas tahun lalu. Setelah Chef Windu meninggal dua tahun lalu, Bellaria diteruskan oleh kedua putranya, Chef Narendra Mahardika sebagai kepala koki dan adiknya Prayata Mahardika yang mengelola manajemen restoran.

    Chef Narend pernah menjadi celebrity chef dan memiliki hubungan asmara dengan Chef Cindy Endria yang menjadi rekan di acara televisi. Namun, hubungan mereka kandas dan semenjak itu Chef Narend bersikap dingin, kasar, dan cenderung kejam di dapur terhadap para bawahannya. Sikapnya inilah yang memicu kekhawatiran Farra saat memutuskan melamar ke Bellaria. Tak seorang pun tahu bahwa Chef Cindy mencampakkan Chef Narend sesudah Chef Narend divonis mengidap suatu penyakit parah. Chef Narend yang sakit hati dan putus asa akhirnya tak lagi memercayai orang lain, menganggap pada akhirnya mereka akan meninggalkannya, sama seperti Chef Cindy. Hubungan Chef Narend dengan Prayata adiknya sendiri pun tak dekat. Mereka sempat bertahun-tahun hidup terpisah akibat perceraian orangtua mereka. Chef Narend ikut Chef Windu, sedangkan Prayata hidup bersama sang ibu. Prayata pun menjaga jarak dengan kakaknya karena Narend terlihat tak ingin dicampuri urusan pribadinya. Prayata memiliki karakter yang cukup jauh berbeda dari sang kakak. Praya lebih memilih mengejar passion dalam bermusik ketimbang mengikuti jejak sang ayah menjadi koki profesional. Praya memiliki sebuah band dan kerap mendapat tawaran manggung di kafe, klub, maupun acara-acara pribadi. Praya juga lebih ramah dan hangat, bahkan pada para pegawai Bellaria.

    Di awal, Narend sempat menolak keras saat tahu Farra yang notabene perempuan diterima bekerja di dapurnya. Semenjak putus dengan Cindy, Narend membuat peraturan tak tertulis yang melarang pegawai perempuan masuk dapurnya. Namun, berkat negosiasi dari Praya, Farra tetap diterima, apa lagi melihat potensi yang dimilikinya. Insiden-insiden tak menyenangkan juga sempat terjadi di dapur Bellaria, tapi berkat kegigihan, Farra berhasil melalui. Hingga suatu hari, sebuah insiden kecelakaan membuat Farra harus dibawa ke rumah sakit dan Narend tak disangka langsung turun tangan. Perhatian Narend ini sontak membuat Farra senang. Di sini juga mulai tumbuh benih cinta yang diawali dari kekaguman. Sedangkan di lain pihak, Praya ternyata juga menaruh hati pada Farra. Praya acapkali tak segan menunjukkan perhatian khusus pada Farra.

    Suatu saat, tanpa disengaja, Farra yang mencemaskan Narend karena tak masuk kerja lantas mengunjungi apartemen, menemukan rekam data medis Narend dan mengetahui penyakit yang Narend tutup-tutupi. Semenjak itulah, Farra makin peduli dan berusaha membangkitkan semangat Narend. Farra juga akhirnya mengetahui penyebab merenggangnya hubungan Narend dan Praya dan bertekad membantu mereka kembali dekat. Sayang, pada kenyataannya, Farra teralihkan oleh perasaan cintanya dan menjadi terfokus pada Narend saja. Praya yang mulai menangkap sinyal kedekatan spesial anatara kakaknya dan Farra merasa cemburu. Praya pun terang-terangan menyatakan perasaannya pada Narend dan mengultimatum agar Narend tak mempermainkan Farra.

    Narend sendiri perlahan-lahan mulai merasa nyaman dengan kehadiran Farra. Sifat Farra yang ceria, selalu bersemangat, dan perhatian membuatnya tergugah. Hingga saat dia menyadari rasa sayangnya, Narend tak rela Praya memiliki Farra. Narend kemudian menemukan cara untuk membantu Farra mewujudkan mimpi. Narend menawari Farra mengikuti sebuah kompetisi memasak bergengsi untuk para koki muda, dengan hadiah utama beasiswa ke luar negeri. Dengan membawa nama Bellaria, jadilah Farra setuju mengikuti ajang tersebut. Tak diduga, Cindy yang sempat menyaksikan kedekatan Narend dan Farra tersulut cemburu dan mendadak memutuskan ikut berkompetisi di ajang yang sama. Padahal, kalaupun mau, dia bisa saja sekolah dengan biaya sendiri. Selain itu, Cindy sudah bertunangan dan sedang merencanakan pernikahan.

    Di saat kompetisi memasuki babak yang paling menentukan, mendadak Narend menghilang. Dia tak memenuhi janji untuk menghadiri kompetisi dan memberikan dukungan. Praya juga bertanya-tanya tentang keberadaan kakaknya. Hingga saat itu, dia sama sekali tak diberitahu mengenai kondisi kesehatan Narend. Barulah saat Hari yang merupakan sahabat dekat Narend mengabari keberadaan Narend, Praya tahu segalanya.

REVIEW:

Menggunakan POV orang ketiga, novel yang kental dengan nuansa kuliner Italia dan kehidupan para chef profesional ini hendak mengajak kita menyelami emosi dan konflik antar tokohnya. Kak Sefryana Khairil menurut saya sukses menggambarkan tentang kuliner Italia, membuat saya terpancing rasa lapar setiap kali ada adegan memasak. Bagaimana kedisiplinan di dapur restoran diterapkan juga tergambarkan dengan baik. Ditambah lagi, judul-judul bab yang menggunakan istilah bahasa Italia dan ilustrasi foto monokromnya yang cantik. Juga ada selipan lagu-lagu dari Sia dan The Script—yang mana merupakan musisi favorit saya—yang juga menjadi daya tarik tersendiri.

 Cinta, mimpi, dan harapan merupakan jiwa dari cerita ini. Karakter dari Chef Narend menurut saya cukup menantang. Dihadapkan pada vonis sakit, dicampakkan kekasih, tanggung jawab pekerjaan, sekaligus hubungan tak dekat dengan satu-satunya adik adalah konflik batin yang menurut saya memang rumit. Tak heran, bagi saya, sosok Narend ini antara mengundang simpati tapi juga benci. Simpati karena dia merasa kesepian tapi tak sudi mengakui, sekaligus benci karena dia bersikap egois pada akhirnya, berdalih kondisi kesehatan dan perasaan sayang. Sedangkan sosok Farra yang ceria dan berbakat menjadi semacam daya tarik bagi Narend dan Praya. Latar belakang keluarga Farra yang hangat dan harmonis juga turut mendukung cerita. Praya sendiri, sebenarnya memendam kesedihan dan bayangan kekecewaan akan masa lalu keluarganya, namun dia bersikap tegar dan menyimpan semuanya sendiri. Yang saya sukai dari Praya adalah sikapnya yang dewasa dan penyayang. Kelihatan sekali dia menyayangi kakaknya, meskipun hubungan mereka tak dekat.

Yang saya sayangkan dari cerita ini adalah minimnya interaksi antara Narend dan Praya. Mereka kerap hanya mengobrol tentang pekerjaan. Padahal banyak hal yang ingin disampaikan keduanya, semacam rekonsialiasi dan mencurahkan perasaan atas apa yang tejadi di masa lalu. Saya mengharapkan ada satu-dua adegan emosional terkait perasaan keduanya sebagai kakak-adik, bukan cuma sebatas memperebutkan cinta Farra, dan tidak hanya di bagian akhir. Pada akhirnya saya justru merasa lebih memihak Praya ketimbang Narend dan Farra, yang di mata saya bersikap egois. Farra sendiri tahu tentang rahasia Narend dan tahu juga bagaimana rasa sayang Praya terhadap sang kakak, tapi dia justru ‘dibutakan’ oleh cinta dan pada akhirnya melupakan keinginannya membantu memperbaiki hubungan kakak-beradik tersebut. Meski demikian, ada beberapa adegan di bab akhir yang memang sukses menguras emosi dan membuat saya menitikkan air mata. Masih terdapat typo dan kekurangtelitian sepanjang cerita yang cukup saya sayangkan juga. Dan, meski terlihat sepele, menurut saya kutipan-kutipan kalimat yang dicetak tebal dan bertaburan di sepanjang peralihan paragraf dalam satu chapter itu kurang perlu. Bagi saya, kutipan di awal bab atau chapter saja sudah cukup.

Secara keseluruhan, Aftertaste digarap dengan apik dan menyajikan topik yang menarik. Kalian yang suka membaca kisah romansa sekaligus menyukai dunia kuliner Italia, akan dimanjakan oleh  berbagai resep menggiurkan sekaligus kisah yang mengaduk-aduk emosi dan meninggalkan kesan mendalam jika membaca novel yang satu ini.

“Bukankah mencintai adalah merelakan orang yang kita cintai itu bahagia, tanpa rasa sakit?”

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube